Posisi Buang Air Jongkok



Dari Anas Radiyallaahu anhu ia menuturkan: "Biasanya apabila Nabi Shallallaahu 'alaihi wa sallam hendak membuang hajatnya tidak mengangkat (meninggikan) kainnya sehingga sudah dekat ke tanah.(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Albani).

atau larangan kencing dengan berdiri, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, Aisyah Radiyallahu anha;
Dari 'Aisyah Radhiallaahu 'anha yang berkata: Siapa yang telah memberitakan kepada kamu bahwa Rosulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam kencing sambil berdiri, maka jangan kamu percaya, sebab Rosulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam tidak pernah kencing kecuali sambil duduk.
(HR. An-Nasa'i dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Para ulama sejak dahulu telah berbeda pendapat tentang hukum kencingsambil berdiri. Ada sebagian yang mengharamkannya, namun sebagianlainnya membolehkannya dengan beberapa syarat, misalnya tidak terkenaair kencing itu ke celana atau pakaian.
Di dalam kitab ZaadulMa''ad karya Ibnul Qayyim jilid 1 halaman 43 disebutkan bahwa dalamkebanyakan kasus, Rasulullah SAW kencing sambil duduk dan tidakberdiri. Namun ada kalannya beliau kencing sambil berdiri.


hadits di atas seringkali di lecehkan oleh kaum yang Tidak berakal karena tidak dapat mengambil pelajaran Sunnah dengan Akal mereka yang di penuhi oleh berbagai pikiran kotor yang dapat merusak otak dan jiwa kita.

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting dalam fungsinya yang begitu lengkap dalam filter darah dan jika terganggu maka akan menyebabkan banyak gangguan yang dapat menyebar kesaluran kencing .kandung kemih , prostat yang akhirnya dapt mengganggu kerja organ tubuh lainnya . Didalam Islam banyak diceritakan bagaimana menjaga ginjal ,saluran kencing dan kandung kemih agar tetap sehat. Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam banyak menunjukkan atau meriwayatkan dalam hadits . Nabi Muhammad menganjurkan agar kita minum air karena air sangat penting dalam ginjal, berolahraga sholat karena sholat dapat melatih organ ginjal agarmemaksimalkan fungsinya dalam memfilter darah, posisi kencing dengan jongkok ternyata sangat banyak faedahnya , pertama posisi jongkokmenyebabkan bentuk kandung kemih mendapat tekanan lembut dari otot abdominal perut dan otot paha dan otot – otot sekitar kandung kemih sehingga apabila kita kencing maka air kencing yang dikeluarkan dapat secara maksimal keluar tanpa harus kita mengejan untuk mengelurkan kencing tersebut.

tekanan pada kandung kemih otomatis akan menarik tekanan pada saluran kencing juga sehingga saluran kencing dapat secaramaksimal membantu ginjal mengeluarkan kencing dengan sempurna . posisi jongkok dapat memnbuang batu ginjal , kuman dan menyehatkan prostat juga karena faktor tekanan tersebut.

mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, dengan memakai pembuktian ilmiah, kita bisa mengetahui apakah Sunnah tersebut Shahih atau tidak, dengan begitu kita tidak usah memakai dalil-dalil yang semakin lama semakin sulit kita pahami sehingga langsung menuju kepada hasil yang simple dan tidak membuat atau memusingkan banyak orang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »